Mau Online Learning di UHAMKA? Ini Informasinya

6 komentar

online learning
ilustrasi: unsplash.com

Mau Online Learning di UHAMKA? Ini Informasinya - udaniko.com | Meski kondisi serba terbatas saat pandemi ini, ternyata tidak menyurutkan beberapa instansi Pendidikan untuk tetap memaksimalkan pembelajaran. Kalau misalnya dulu hanya ada pilihan pembelajaran luring alias offline, kini semakin banyak pilihan sekolah online.

Mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, hingga tingkat kuliah, kini banyak instansi yang sudah menyediakan metode online learning. Mulai dari formal hingga informal juga ada, seperti kursus, pelatihan dan sebagainya.

Tentu ada kelebihan dan kekurangan tersendiri dengan pembelajaran online tersebut. Kekurangannya mungkin kita tidak bisa interaksi sosial dengan kawan belajar secara langsung. Namun di balik kekurangannya, ada beberapa kelebihan dari online learning.

Kelebihan Online Learning

Sesuai pengalaman Udaniko sendiri sebagai guru, dan pernah mencoba sekolah online untuk anak, berikut kelebihan online learning yang ternyata cukup banyak, di antaranya:

Lebih Efisien

Online learning bisa lebih memudahkan dari segi fasilitas dan ruangan. Cukup menggunakan laptop dan jaringan masing-masing guru atau dosen, maka pembelajaran sudah bisa dimulai.

Lebih Terjangkau

Beberapa biaya yang dikeluarkan untuk online learning memang lebih sedikit karena tidak membutuhkan banyak penggunaan kertas, spidol, bangunan, kebersihan, perawatan, dan lainnya. 

Kapan Saja dan Dimana Saja

Tanpa harus hujan-hujan ke sekolah, tanpa harus menunggu mobil angkot atau macet, dengan online learning, semua hal tersebut tidak lagi menjadi masalah berarti.

Bisa Diulang

Biasanya, pembelajaran online akan direkam sehingga bagi yang kurang bisa menangkap di sekali pertemuan, atau ada halangan darurat sehingga tidak ikut pembelajaran, bisa mengulang kembali dengan menonton siaran ulang pembelajaran. Berbeda sekali dengan sekolah offline yang jika tidak hadir sekali saja, pembe;lajaran sudah tertinggal jauh.

Nah, bagi kawan Udaniko yang berminat untuk kuliah online, Udaniko ada saran untuk cek Kampus UHAMKA, sebuah universitas yang menyelanggarakan kuliah online. Apa itu UHAMKA dan apa saja jurusannya? Kita akan bahas di bawah.

Apa itu UHAMKA

Dikutip dari situsnya, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (selanjutnya disebut UHAMKA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta milik Persyarikatan Muhammadiyah yang berlokasi di Jakarta. Sangat strategis sebenarnya tempatnya. Namun kalau kawan Udaniko dari luar Jakarta, tetap bisa kuliah di sini kok.

Nah, sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah, UHAMKA adalah perguruan tinggi yang berdasarkan akidah Islam yang bersumber pada Al Quran dan As-Sunah serta berasaskan Pancasila dan UUD 1945 yang melaksanakan tugas caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yaitu menyelenggarakan pembinaan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT., pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat menurut tuntunan Islam.

Adapun VISI dari kampus ini sendiri adalah “Menjadi prophetic teaching university yang mencerdaskan secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial untuk mewujudkan peradaban berkemajuan”.

Jangan khawatir soal teknologi. UHAMKA sendiri sudah memastikan bahwa mereka menggunakan teknologi informasi yang sudah terintegrasi dengan baik untuk melayani civitas akdemis UHAMKA. Mereka juga membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui sistem kuliah online.

Fakultas dan Jurusan yang Lengkap

Penasaran ada fakultas apa saja yang ada di sana? Lumayan lengkap sih pilihannya. Fakultas Kedokteran yang mana pilihan banyak orang pun ada di sana. Berikut fakultas dan jurusan yang tersedia.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • PG-PAUD
  • PGSD
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Jepang
  • Matematika
  • Fisika
  • Biologi
  • Pendidikan Ekonomi
  • Geografi
  • Bimbingan Konseling
  • Sejarah

Fakultas Teknik

  • Teknik Informatika
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin

Fakultas Ilmu ilmu Kesehatan

  • Kesehatan Masyarakat
  • Ilmu Gizi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Manajemen
  • Akuntansi D3
  • Perpajakan
  • Akuntansi S1
  • Ekonomi Islam
  • Arsip
Sebenarnya masih banyak lagi fakultas dan jurusan lainnya. Bahkan di sana ada kelas training juga international class. Jika ingin informasi lebih lengkap, bisa langsung ke situsnya dengan klik kuliah online.
kuliah online

Kesimpulan

Dengan metode online learning terkini, UHAMKA bisa menjadi pilihan kawan Udaniko yang ingin kuliah. Kapan saja dan dimana saja, kita bisa tetap mengakses pendaftaran dan perkuliahan dengan mudah.

UHAMKA menjamin Pendidikan yang berkualitas, karena UHAMKA sendiri sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah telah mendapatkan Akreditasi A (Unggul) dari BAN-PT.

Dan tidak hanya lulusan baru yang bisa mendaftar, mahasiswa pindahan, ataupun konversi juga bisa mendaftar di kampus ini. Sudah siap untuk kuliah online?

Informasi lebih lanjut:

UHAMKA
https://onlinelearning.uhamka.ac.id/
Mobile : +6287726269479
onlinelearning@uhamka.ac.id


udaniko's blog
Seorang Guru Fisika, Youtuber di Channel Udaniko. Sering membahas Astronomi dan Teknologi. Untuk kerjasama, silakan kirim ke email: ytube.niko@gmail.com.

Related Posts

6 komentar

  1. Lengkap juga ya jurusannya, aku kira hanya jurusan agama aja. Pengen ih kuliah lagi hehe

    BalasHapus
  2. Ada lho kak temanku yg lulusan Pend Inggris dari UHAMKA. Jadi online learning ini semacam kelas jauh ya?

    BalasHapus
  3. Memang karena pandemi gini, instansi pendidikan dituntut lebih inovatif termasuk menghadirkan online learning ya

    BalasHapus
  4. Aku sering denger nihh kak UHAMKA. salah 1 PTS yg baguss lhoo sama kayak saudara2nya sesama PTS Muhammadiyah. Ngga raguu sih 😁

    BalasHapus
  5. dulu sering banget lewatin kampusnya hihii deket tempat kerja :) sekarang makin menguntungkan ya kalau sekolah bisa online tuh, yang jauh gak berat diongkos

    BalasHapus
  6. Baru tahu nih kalau UHAMKA ini termasuk Universitas Muhammadiyah. Keren ya kampusnya sudah dapat akreditasi A dan banyak pilihan jurusannya juga.. bisa nih jadi referensi buat yang mau lanjut kuliah

    BalasHapus

Posting Komentar