SehatQ, Rekomendasi Tempat Beli Sabun Collagen

Posting Komentar

 

credit: unsplash.com

Seiring dengan semakin tingginya edukasi masyarakat tentang kesehatan dan perawatan diri, semakin banyak produk bermunculan. Mulai dari skincare yang sangat beragam jenis dan peruntukannya, produk perawatan rambut yang bervariasi sesuai kerakter rambutt, dll. Nah, yang sedang meningkat sekarang adalah penggunaan sabun collagen.

 

Apa itu sabun collagen?

Sabun collagen sedang banyak diminati di masyarakat. Tapi, kalian tau gak apa itu sabun collagen?

Menurut Journal of Applied Pharmaceutical Science Vol. 5, kata ‘Collagen’ berasal dari Bahasa Yunani. “kola” artinya getah dan “gen” berarti memproduksi. Kolagen adalah salah satu jenis protein yang terdapat pada tulang, kulit, tulang dan otot. Kolagen mempengaruhi kekuatan, kekenyalan dan pergantian sel kulit baru dengan cara menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Produksi kolagen dapat berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, kulit membutuhkan tambahan nutrisi kolagen untuk menggantikan kolagen dalam tubuh yang rusak.

Kolagen banyak diproduksi dari burung, tulang babbi dan tulang sapi. Tapi, karena banyaknya isu penyakit yang berasal dari burung, penyakit sapi gila, dan terlarangnya bahan baku dari babi untuk umat islam, maka saat ini kolagen lebih banyak diproduksi dari hasil laut seperti ikan, cumi-cumi, bintang laut, dan masih banyak lagi. Selain jauh lebih ekonomis, produksi unggas yang rendah dan pemanfaatan kulit unggas sebagai bahan baku industri makanan juga mendorong pemanfaatan kolagen dari hasil laut. Kolagen sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti farmasi, medis, biomedis, industri makanan dan kosmetik.

 

Manfaat sabun collagen

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kolagen berperan dalam menjaga kulit, oleh karena itu kita harus memastikan agakr umlah collagen yang diperlkan tubuh tercukupi. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan menggunakan sabun yang mengandung collagen. Dengan sabun yang langsung berinteraksi dengan kulit, maka kolagen dari sabun dapat memasok kebutuhan kolagen di kulit yang mengalami kekurangan.

Tercukupinya kebutuhan kolagen memastikan regenerasi sel kulit akan berjalan lebih baik, sehingga tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan kulit kusam menjadi berkurang. Walaupun tentu penuaan dini tidak hanya bergantung pada collagen ya, karena ada banyak faktor lain.

Namun sabun collagen bisa menimbulkan dampak lain yaitu purging. Purging adalah proses pembersihan pori-pori dan sel kulit mati yang menumpuk. Dampak purging yang paling terlihat adalah munculnya jerawat. Namun, itu merupakan hal yang normal karena adanya proses pengeluaran racun dari dalam kulit. Tapi tentang, proses purging juga tidak selalu dialami oleh semua orang kok. Respons kulit setiap orang berbeda-beda terhadap sabun collagen ini.

 

Dimana beli sabun collagen terercaya?

Karena meningkatnya permintaan akan sabun collagen, maka semakin banyak juga orang yang menjual produk ini. Sebagai konsumen, kita harus leliti dan hati-hati saat membelinya. Karena di pasaran bisa jadi beredar produk sabun collagen palsu yang dijual dengan harga murah. Jadi jangan tergiur dengan produk-produk yang harganya kurang wajar. Ya walaupun ada juga sih sabun palsu yang dijual dengan harga menyerupai harga sabun aslinya. Intinya jadilah smart buyer dengan membeli sabun collagen dari tempat yang sudah terpercaya.

Salah satu tempat yang kalian bisa percaya adalah di SehatQ. SehatQ adalah partform online sebagai asisten untuk membantu orang mengelola kesehatan pribadi dan keluarga muda. Disana banyak terdapat artikel kesehatan yang membantu banget, lengkap dengan infografis dan data medisnya. Trus ada juga menyediakan review dan produk jika kalian ingin membelinya. Nah, tentu kalian tidak perlu khawatir lagi kalau beli produck disini ya.

Review beberapa sabun collagen yang beredar di pasaran juga sudah dilakukan oleh tim SehatQ. So, kalau kalian mau melihat-lihat sabun collagen yang recommended bisa langsung cek aja.

 

Itu dulu aja artikel kali ini. Semoga makin banyak masyarakat yang teredukasi tentang pentingnya kesehatan dan menjadi smart buyer.

 

Related Posts

Posting Komentar