Tips – Tips Menghadapi Sekolah Online

Posting Komentar
Tips – Tips Menghadapi Sekolah Online
Sumber: unsplash.com


Tips – Tips Menghadapi Sekolah Online - Di era serba canggih ini, belajar tidak hanya harus melalui buku. Ditambah dengan kondisi covid-19 yang masih melanda mengaharuskan segala pembelajaran bahkan pekerjaan dilakukan secara online.

Berbagai materi pelajaran dan soal latihan mudah diakses melalui gadget atau laptop. Tidak perlu duduk tegak di meja, cukup akses internet dimanapun dan kapanpun, kita bisa belajar secara online. Tidak sedikit dari mereka yang mengatakan termasuk saya sendiri Sekolah Online dengan menatap terlalu lama layar gadget, laptop dll membuat lebih mudah mengantuk.

Berikut beberapa hal dibawah ini dapat menjadi tips dan solusinya agar anda tidak mengantuk saat belajar online, dimana secara otomatis kamu akan menatap layar yang penuh radiasi dan akan membuat kamu mengantuk. 

Bagaimana Tips Menghadapi Sekolah Online?

1. Duduk dengan Posisi Tegak

Pembelajaran melalui gadget memang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Cari tempat duduk dengan kursi tegak, baik di kafe atau di taman. Usahakan untuk tidak terlalu nyaman apalagi untuk berbaring.

2. Jangan Mendengarkan Lagu, Terutama Lagu Rekan


Sebenarnya cara belajar setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang harus mendengarkan musik sambil belajar, namun ada pula yang tidak boleh berisik sama sekali agar konsentrasi tidak putus.

Solusi terbaik untuk mendengarkan musik sambil belajar adalah mencari musik akustik yang tidak memiliki vokal agar tidak mengganggu konsentrasi otak saat belajar. Masalahnya, jika ada lirik, Anda tidak bisa tidak ikut bernyanyi mengikuti musik.

3. Jangan Bermain Media Sosial

Kita semua tahu bahwa media sosial adalah gangguan terbesar. Baik anak kecil, remaja, dewasa, dan orang tua dapat memiliki "dunianya sendiri" saat memasuki media sosial. Matikan dulu semua sosial media kamu agar tidak ada notifikasi baru yang masuk sehingga mengganggu konsentrasi.

4. Istirahatkan Mata Anda

Belajar lewat gadget tentunya berbeda dengan belajar lewat buku teks biasa. Gadget tersebut memancarkan sinar yang dapat membuat mata mudah lelah, iritasi, dan mengantuk. untuk itu, jika Anda belajar secara online melalui gadget, jangan sampai terlewatkan. Istirahatkan mata Anda selama beberapa saat.

Misalnya, setelah Anda belajar dan menatap layar selama 1 jam, istirahatkan mata selama 15 menit dengan memejamkan mata, melihat tanaman hijau, atau mungkin berjalan-jalan di sekitar rumah untuk sekedar refreshing.

5. Minum banyak air

Air putih merupakan salah satu solusi untuk mencegah ngantuk dan mengembalikan onsentrasi. Banyak sekali manfaat air minum. Selain meningkatkan konsentrasi, air juga sangat baik untuk kesehatan dan metabolisme tubuh.

Air putih dapat meningkatkan konsentrasi, karena air putih dapat membantu tubuh kita terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika tubuh kekurangan cairan, rasa kantuk bisa dengan mudah menyerang. Saat rasa kantuk menyerang, konsentrasi otomatis akan menghilang.

udaniko's blog
Seorang Guru Fisika, Youtuber di Channel Udaniko. Sering membahas Astronomi dan Teknologi. Untuk kerjasama, silakan kirim ke email: ytube.niko@gmail.com.

Related Posts

Posting Komentar