Bimbel Online: Navigasi Menuju Keberhasilan Pendidikan di Era Digital

2 komentar

credit: Freepik
credit: freepik

Saat pandemi

Tahun 2020 - 2022 seluruh dunia diguncang dengan kejadian yang dampaknya belum pernah terjadi sebelumnya. Ya, udh pada tau lah ya. Pandemi Covid 19 menerpa. Semua sektor berhenti. Semua orang mengamankan diri dirumah, interaksi sangat terbatas, sekolah tutup, belajar online dari rumah. Pergerakan dunia yang selama ini sangat dinamis, tiba-tiba berhenti.

Dunia pendidikan yang berjalan normal dengan anak-anak bermain dan belajar di kelas tiba-tiba lenyap. Sekolah kosong, pembelajaran beralih menuju depan hp, tablet, maupun laptop. Biasanya ramai suara siswa bermain dan bercanda bersama, berubah menjadi keheningan.

Guru dan siswa dipaksa untuk beradaptasi dengan cepat. Untuk guru harus putar otak agar bisa mengajar dengan asik walaupun online, dan juga harus kreatif memberikan soal tes, yang setidaknya jawabannya belum ada di brainly. Hehehe.

Di sisi satunya, siswa dipaksa untuk betah di depan gadgetnya masing-masing selama beberapa jam setiap hari. Adakah kendala? So pasti ada. Mulai dari kendala teknis seperti jaringan yang kurang memadai sampai keterbatasan gadget yang dimiliki. Sampai banyak cerita diluar sana bahwa siswa harus sampai memanjat pohon agar bisa mendapatnya jaringan seluler yang lebih baik untuk belajar online. Walaupun kadang ada juga siswa yang jaringannya lancar, tapi zoom meetingnya di mute dan videonya off. Entah ditinggal tidur atau malah push rank bareng teman2nya. Ini kejadian nyata, sumpah.

Long story short, akhirnya kita semua terbiasa dengan belajar online ini. Bahkan peluang untuk belajar dari institusi bonafit menjadi sangat terbuka. Banyak lembaga membuka  pembelajaran online yang bisa diikuti dari manapun. Saya pribadi juga coba ikut beberapa pelatihan. Ya hitung-hitung nambah skill lah ya. Ini salah satu pelatihan yang saya ikuti, sampai berhasil mendapatkan Certified Microsoft Innovative Educator dari Microsoft.
Sertifikat Microsoft Innovative Educator

Beberapa course lain yang pernah saya coba adalah Massachusetts Institute of Technology Open Courseware (MIT OCW). Bagi kalian yang belum tau, MIT adalah salah satu kampus terbaik di bidang sains dan teknologi. Bisa “ikut belajar di MIT” walaupun dari kampung tentu merupakan sebuah kesempatan yang harus disyukuri. Apalagi itu semua disediakan secara gratis tis tis. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Tidak hanya MIT, banyak kampus kampus ternama lain juga membuka course online. 


Pasca Pandemi

Ketika pandemi telah dinyatakan berakhir, sekolah mulai ramai kembali dengan pembelajaran secara luring di kelas. Tapi kegiatan meeting dan belajar online menjadi warisan pandemi yang patut kita syukuri.

Berbicara tentang belajar mengajar online, saya pribadi juga masih melakukannya sampai sekarang. Saat musim persiapan memuju Olimpiade Sains Nasional (OSN) biasanya ada beberapa sekolah atau individu yang meminta bimbingan belajar. Jadilah saya gurunya berada di Kalimantan, muridnya ada di Jawa, Sumatra dan juga Nusa Tenggara Timur. Siswa yang berasal dari daerah manapun, bisa punya guru dari belahan Bumi manapun. Sesuatu yang sebelum pandemi mungkin sangat sulit untuk dilakukan. Asik kan.

Belajar Untuk Persiapan OSN Astronomi Online

Artinya belajar tidak dibatasi oleh dinding kelas lagi. Sekarang tinggal kemauan saja lagi. Jika mau, maka banyak bimbel online interaktif yang bisa membantu siswa untuk lebih memperdalam dan memperluas pengetahuan yang didapatnya. 

Biasanya sih siswa cukup kesilitan di beberapa mata pelajaran yang memang sudah terkenal sulit untuk ditaklukkan. Apa lagi kalau bukan matematika, fisika sama kimia. Siapa disini yang ikut bimbel matematika, fisika atau kimia? Hayo ngakuuuu. Hehehehe. Terus terang dulu pas sekolah saya juga sempat ikut bimbel matematika sama fisika. Untuk memastikan bahwa saya benar-benar paham dengan apa yang didapatkan di sekolah, sama diskusi soal-soal tugas atau PR gitu lah. Biar nilai tetap aman terkendali ya kan. Karena target saya waktu itu adalah diterima di pergutuan tinggi melalui jalur prestasi tanpa tes. Alhamdulillah kesampaian.

Nah, bagi kalian yang mengalami hal serupa, trus pengen bimbel online, kalian bisa cek Sinotif deh. Sinotif menyediakan bimbingan belajar online interaktif yang dapat membantu kalian untuk menaklukkan pelajaran matematika, fisika dan kimia yang terkenal sangar itu.

Tampilan web Sinotif

Sinotif udah terkenal fokus di bidang bimbingan belajar matematika, fisika dan kimia ya. Jadi ibarat dokter, Sinotif adalah dokter spesialis ketiga mata pelajaran sangar tersebut. Sinotif sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Tentu sudah sangat matang dalam mengembangkan pembelajarannya. Lalu didukung juga sistem belajar yang interaktif dengan mentor yang asik dan tentu aja kompeten di bidangnya. 
Suasana Belajar di Bimbel Sinotif

Kesimpulan

Nah, pada akhirnya semua kembali kepada diri kita sendiri dalam memanfaatkan dunia yang serba online ini. Peluang untuk kita mengembangkan diri menjadi lebih baik tentu sangat terbuka lebar. Tinggal gimana kita bisa lebih tekun untuk belajar dan tentu saja mencari teman belajar yang bisa membangu kalian mencapai tujuan kalian. Saya doakan semoga dengan ikhtiar yang dilakukan, bisa semakin mendekatkan kalian dengan mimpi yang ingin kalian capai. Aamiin.

Related Posts

2 komentar

  1. Fisika, Kimia dan Matematika memang sulit tapi sangat menarik, cuman ya rasa malas itu yang lebih menggebu-gebu

    BalasHapus
  2. Ngikut bimbel online gini emang penting buat penunjang pendidikan. Terkadang ada hal-hal yang tidak didapatkan di sekolah bisa didapatkan di bimbel.

    BalasHapus

Posting Komentar