BLANTERWISDOM101

Beberapa Cara Mencari Referensi Jurnal

Rabu, 28 April 2021

 

cara mencari referensi jurnal
Sumber: unsplash.com
 

Cara mencari referensi jurnal - Mahasiswa biasanya disibukkan dengan sejumlah tugas perkuliahan dari dosen. Beberapa dari tugas tersebut biasanya diminta untuk mengacu pada jurnal ilmiah yang sebelumnya sudah diterbitkan.

Beberapa mahasiswa biasanya kesulitan mencari berbagai jurnal ilmiah. Bahkan ada beberapa situs yang meminta bayaran untuk mendapatkannya. Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mendapatkan Referensi Jurnal:

1. Pencarian Melalui Pencarian Google Biasa atau Jurnal Khusus (Google Scholar)

Keuntungan dari mencari jurnal dengan Google Scholar adalah hasil pencariannya tentunya dapat berupa jurnal ilmiah. Terkadang, ada siswa yang bingung tentang jurnal atau tidak. Sayangnya, tidak semua jurnal hasil penelusuran dari Google Scholar dapat diunduh.

Terkadang, kita harus membayar untuk mendapatkan jurnal. Kalau sudah begini, ada dua pilihan beli atau cari referensi lainnya. Saya sendiri selalu mencari referensi serupa yang tidak dibayar tentunya. Cara lain adalah melalui pencarian google biasa.

Kita bisa memilih rentang tahun jurnal yang diinginkan, karena biasanya diharuskan mengacu pada jurnal terbaru (misalnya 5 tahun terakhir). Selain itu, hasil pencarian lebih luas dan lebih banyak. Cara yang biasa saya lakukan adalah menambahkan kata journal atau journal pada kata kunci pencarian.
Bagaimana Cara mencari referensi jurnal?

2. Cari Melalui Situs Penyedia Jurnal, Misalnya pubMed, Hindawi, dll.

Harap rajin-rajin mencari situs serupa. Saya jarang menggunakan cara ini, hanya sesekali saja. Cara lain yang terkadang saya lakukan jika metode pada poin salah satu tidak berhasil adalah dengan melihat jurnal tertentu yang memiliki kesamaan subyek dengan jurnal yang sedang dicari. Lihatlah referensi atau referensi yang diambil.
 

Dari sana kita bisa pergi ke baseline atau setidaknya mengembangkan kata kunci pencarian baru yang lebih sesuai. Prinsip saya dalam mencari jurnal adalah, pencarian pertama mengarah ke pencarian kedua, pencarian kedua mengarah ke pencarian ketiga, dan seterusnya. Setidaknya jangan menyerah sampai quest keempat.

Terkadang saya juga mencari jurnal yang bersifat review, karena biasanya berisi informasi yang jauh lebih lengkap. Secara umum, jurnal hanya menyajikan 'sepotong' informasi tertentu. Tambahkan saja jurnal review kata di belakang kata kunci pencarian

3. Mencari Perpustakaan di Layanan Perpustakaan PNRI (Perpustakaan Nasional Indonesia)

Ada banyak jurnal gratis dari berbagai sumber yang bisa kita unduh disana. Kadang kita menemukan jurnal yang cocok untuk referensi tulisan kita, tapi sayangnya ternyata berbayar. Nah, PNRI bisa jadi alternatif.

Usahakan cari DOI dari jurnal yang kita inginkan, lalu copy dan cari via PNRI dengan DOI jurnal itu. Cara ini lebih spesifik daripada mencari dengan kata kunci atau judul tertentu. Jurnal dari sumber tertentu tersedia gratis di PNRI. Cara menjadi member di situs ini cukup mudah dan tentunya gratis. Silakan langsung ke TKP PNRI.
Share This :

0 komentar