Format Penulisan Makalah

Posting Komentar

 

format penulisan makalah

Format Penulisan Makalah - Penulisan Makalah adalah karya tulis ilmiah yang membahas tentang suatu masalah yang ada, kemudian dibuat dengan analisis yang obyektif dan ditulis oleh suatu kelompok atau individu. Makalah ini biasanya dipresentasikan dalam ceramah, seminar, atau pertemuan.

Mahasiswa dan mahasiswa sering mendapat tugas kertas. Menulis makalah biasanya digunakan sebagai tugas siswa sekolah menengah dan mahasiswa. Sayangnya, masih banyak makalah yang kurang sempurna karena masih ada kesalahan dalam penyusunannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, makalah didefinisikan dengan dua cara. Tulisan resmi tentang subjek yang dimaksudkan untuk dibaca publik pada uji coba dan sering disusun untuk publikasi. Diartikan sebagai karya tertulis sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas.

Margin Kertas

Margin adalah fitur untuk mengatur jarak dari tepi kertas dengan teks yang kita buat pada Microsoft Word. Sebagai aturan, kita dapat mengatur margin atas, kiri, kanan, dan bawah. Anda dapat menggunakan ukuran margin makalah yang saya sediakan untuk margin karya ilmiah, margin makalah skripsi, makalah kerja, dan makalah lainnya.

Ukuran margin kertas A4 tipikal adalah 4 4 3 3 sebagai berikut:

§ Atas: 4 cm

§ Kiri: 4 cm

§ Kanan: 3 cm

§ Bawah: 3cm

Berikut adalah margin kertas dalam inci:

§ Atas: 1,58 inci

§ Kiri: 1,58 inci

§ Kanan: 1,18 inci

§ Bawah: 1,18 inci

Kertas Makalah

Saat kita mencetak kertas, kita tidak boleh ceroboh. Kertas untuk kertas biasanya menggunakan kertas ukuran A4. Kita juga tidak sebatas menggunakan kertas A4 di printer, tapi kita juga harus mengelolanya di Microsoft Word.
Bagaimana Ukuran Font Kertas?

Makalah bukanlah tempat untuk teks bergaya. Ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa atau siswa selama proses pembuatan sebuah karya tulis. Banyak font memiliki bentuk yang berbeda, dan tidak sesuai dengan aturan di kertas. 

Times New Roman adalah aturan untuk font kertas. Ukuran font itu sendiri tidak boleh bervariasi, yaitu ukuran 12.

Ukuran Kertas

Spasi pada kertas biasanya menggunakan ukuran 1.5 pada umumnya. Jika Anda ingin mengetahui cara mengatur spasi dalam kata-kata, Anda dapat melihat artikel saya tentang cara mengatur spasi dalam kata-kata.

Makalah memiliki beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut:

1. Karya tulis ilmiah

2. Kertas kerja

3. Makalah Studi

4. Makalah Posisi

5. Makalah Analisis

6. Makalah Tanggapan

7. Pengaturan Kertas Umum

Berikut susunan dasar sebuah makalah:

1. Halaman Sampul

2. Kata Pengantar

3. Daftar Isi

4. Bab I Pendahuluan

5. Bab II Pembahasan

6. Bab III Penutup

7. Daftar Pustaka

Susunan makalah bisa berubah atas permintaan pemberi tugas, guru atau dosen misalnya. Terkadang mereka memberikan tugas kepada mahasiswa atau mahasiswa yang sering mendapat tugas makalah dari dosen dengan format berbeda.
udaniko's blog
Seorang Guru Fisika, Youtuber di Channel Udaniko. Sering membahas Astronomi dan Teknologi. Untuk kerjasama, silakan kirim ke email: ytube.niko@gmail.com.

Related Posts

Posting Komentar