Punya Bekas Luka di Wajah Begini Cara Menghilangkannya

1 komentar

 

produk penghilang bekas luka
sumber gambar: unsplash.com

 Wajah tidak hanya bermasalah ketika mempunyai jerawat yang mengganggu. Luka yang terdapat di wajah juga bisa mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Karena setiap luka pasti menimbulkan bekas yang bisa jadi sulit untuk menghilangkannya, termasuk jika terjadi di daerah wajah.

Salah satu bagian tubuh yang paling penting dalam hal penampilan yaitu wajah. Dimana daerah tersebut selalu terlihat “untuk umum”. Jadi jika sesuatu terjadi pada daerah “sensitif” tersebut, tentu akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Dikarenakan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting untuk menunjang penampilan, banyak orang yang ingin segera menghilangkan bekas luka di wajah. Di samping menggunakan produk penghilang bekas luka, Anda juga bisa melakukan beberapa treatment. Apa saja?

1. Dermabrasi

Meskipun tergolong mahal karena hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli, namun cara menghilangkan bekas luka di wajah yang satu ini tergolong efektif. Kulit yang terdapat bekas luka akan di sikat dengan bulu sikat halus untuk membuang jaringan kulit yang mati. Dengan cara ini pastinya ada efek samping, beberapa diantaranya yang sering terjadi yaitu infeksi, bengkak dan warna kulit yang tidak sama dengan kulit aslinya.

2. Peeling Kimiawi

Peeling merupakan proses pengelupasan kulit bagian luar dengan menggunakan bahan kimia yang mempunyai kadar asam rendah. Tujuannya, supaya kulit mati yang terkelupas tersebut dapat tumbuh jaringan baru yang akan menutupi bekas luka tersebut. Terdapat tiga jenis peeling yang umum digunakan, berikut penjelasan lengkapnya!

  • Deep Peel: Teknik pengelupasan kulit menggunakan bahan fenol. Teknik dengan bahan yang satu ini dapat menjangkau bagian kulit lebih dalam.
  • Superficial Peel: Lebih umum digunakan untuk bekas luka yang ringan, misalkan akibat lecet atau tergores.
  • Medium Peel: Menggunakan bahan kimia berupa asam glikolat yang biasanya digunakan untuk produk yang dapat menghambat penuaan dini (anti aging).

Seperti halnya pada cara pertama diatas, teknik peeling kimiawi juga menimbulkan efek samping pada wajah. Karena bekas luka di wajah semakin menipis, hal tersebut dapat menyebabkan wajah lebih sensitif terkena paparan sinar matahari langsung. Untuk itu, sangat tidak dianjurkan menggunakan cara menghilangkan bekas luka di wajah yang satu ini untuk jenis kulit sensitif.

3. Laser

Cara menghilangkan bekas luka yang mengganggu di daerah wajah berikutnya yakni menggunakan teknik laser. Sebagian dari anda pasti pernah mendengarnya dan bahkan pernah menggunakan teknik yang satu ini. Terdapat dua jenis laser yang bisa digunakan, berikut penjelasan singkatnya!

  • Laser Erbium: Teknik laser dengan menggunakan bahan kimia Erbium yang dipercaya mampu mengatasi bekas luka di wajah hampir tanpa efek samping dan lebih aman.
  • Laser Karbondioksida: Teknik laser berikutnya yakni menggunakan karbondioksida. Meskipun teknik Erbium tadi lebih aman, namun penggunaan karbondioksida lebih disarankan karena lebih efektif untuk menghilangkan bekas luka.

Menggunakan laser untuk menghilangkan bekas luka bisa dibilang efektif dan lebih cepat dari cara lain. Rata-rata waktu yang dibutuhkan hingga bekas luka disamarkan yakni antara 3 hingga 10 hari.

4. Operasi Plastik

Cara terakhir yaitu dengan menjalankan operasi plastik yang pastinya efektif dan lebih cepat dari semua cara diatas. Bekas luka akan diangkat dalam proses operasi tersebut kemudian di ganti dengan jaringan kulit baru. Sehingga, dalam beberapa kali operasi, bekas luka akan hilang selamanya.

Perlu diketahui, beberapa kasus luka yang terjadi akibat tertentu dapat menimbulkan bekas yang tidak dapat dihilangkan, dengan kata lain bekas luka permanen. Jadi, semua cara menghilangkan bekas luka diatas tidak bisa dikategorikan untuk semua jenis bekas luka. Untuk itu, ada baiknya anda konsultasi ke dokter ahli atau dokter kulit yang bersangkutan.

Related Posts

1 komentar

  1. Kalau saya, laser jadi pilihan buat ngilangin bekas lupa. Hasilnya sudah maksimal.

    BalasHapus

Posting Komentar