2 Rekomendasi Situs Game Online Sederhana Tanpa Perlu Install Aplikasi Tambahan

Posting Komentar

 

credit: shutterstock

Alhamdulillah seleksi Kompetisi Sains Nasional tingkat provinsi (KSNP) tahun 2021 ini baru aja selesai. Saya ucapkan selamat atas kerja keras yang sudah kalian usahakan selama ini. 

Sekali lagi dalam lomba apapun yang lebih penting adalah proses di persiapan untuk lomba itu sendiri. Di persiapan itu terdapat latihan kerja cerdas dalam mengatur strategi, kerja keras dalam berusaha. Itu semua yang bikin kita tumbuh lebih baik lagi.

Nah, setelah lelahnya belajar, sambil nunggu pengumuman hasil KSNP, enggak ada salahnya kita istirahatin otak sejenak. Ada banyak cara untuk refreshing

Yang hobi jalan-jalan bolehlah jalan santai tapi sambil perhatikan protokol kesehatan ya. Yang hobi olahraga juga boleh banget tuh luangin waktu untuk olahraga.

Yang sukanya nontoh film, drama korea (drakor) atau anime boleh juga untuk bikin mood balik. Bagi yang hobi gaming juga boleh deh sesekali ngegame

Kalo bisa game offline lebih bagus, karena itung-itung sekalian olahraga ya kan. Tapi bagi yang mager game online pasti bakal jadi pilihan.

Ngomong-ngomong tentang game online, ada banyak opsi nih jaman sekarang. Siapa sih yang enggak kenal PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) baik yang versi desktop atau mobile, Point Blank, Mobile Legend (ML), Valorant atau banyak lagi yang lain. Game-game itu memang sedang sangat populer di kalangan remaja zaman sekarang.

Saya pribadi sih kurang suka game-game gitu ya. Kayaknya rumit aja gitu. Hehe. Faktor lainnya adalah device yang kurang mendukung sih :D

Game-game gitu kan berat tuh. Perlu spesifikasi yang tinggi. Nah, kalau device 'kentang' ya enggak sanggup lah.

Makanya saya lebih suka main game online yang tidak perlu unduh aplikasi tambahan. Cukup dengan modal browser aja.

Ada dua game online berbasis browser yang biasa saya mainkan, yaitu:

1. Chess.com  

 

Ini bermula dari hebohnya akun dewakipas di chess.com. Bagi yang belum tahu, saya ceritain singkatnya ya. 

Situs chess.com adalah platform bermain catur online. Kita cuma perlu register aja untuk bisa main catur online sama orang dari seluruh dunia. 

Nah salah satu penggunanya adalah Dadang Subur dengan username dewakipas. Dadang bukanlah pecatur profesional. Hanya orang yang suka main catur.

Nah, yang bikin heboh adalah track record akun dewakipas yang bagus banget dan bisa mengalahkan seorang International Master bernama Lezy Rozman yang memiliki akun gothamchess

Yang membuat akun dewakipas dicurigai adalah, saat dilihat tingkat akurasi langkahnya, hampir selalu mendekati sempurna. 

Akhirnya muncullah kecurigaan bahwa terjadi kecurangan. Dewakipas sendiri membantah melakukan kecurangan itu.

Beberapa pecatur nasional pun menanggapi ini dan memberikan tantangan terbuka untuk tanding catur dengan dewakipas

Hebohnya ini langsung ditanggapi oleh Deddy Corbuzier, seorang selebriti sekaligus youtuber yang terkenal dengan podcastnya. 

Dalam podcastnya Deddy sempat berbincang dengan dewakipas dan juga pecatur profesional Indonesia, Irene Iskandar. Sampai akhirnya dilakukanlah pertandingan antara dewakipas dan Irene Sukandar, yang akhirnya dimenangkan oleh Irene 3-0.

Sejak peristiwa itu, catur menjadi lebih menggaung lagi. Permainan catur online juga semakin banyak penggunanya, termasuk saya.

Sejak kecil saya cukup tertarik dengan catur. Tapi jarang banget main karena enggak ada teman bermainnya. Nah, dengan adanya game catur online ini, tinggal pencet gawai udah langsung dapat teman sparing catur.

Yang bikin gemes tuh kalau blunder fatal padahal sudah unggul. Nah itu bikin pengen main lagi untuk buktiin diri kan.

Terus ada sistem rating yang bikin kita semakin tertantang. Nah, biasanya kita akan berhadapan dengan orang yang ratingnya mirip-mirip kita. Jadi pertandingannya imbang. Kalau kalah pengen 'balas dendam', dan kalau menang pengen menang lagi. Jadinya keterusan main deh, hehehe.

2. Plays.org 

Platform game online berikutnya yang saya mainkan adalah plays.org. Nah, kalau plays.org ini menyajikan game yang cenderung lebih klasik dan santai. 

Banyak banget pilihan gamenya. Kalau lagi pengen refreshing sejenak, biasanya saya cobain game-game yang ada di plays.org deh.

Ini nih beberapa games yang biasa saya mainin di plays.org

  •  Zombie Typing 

 

Permainan  Zombie Typing ini sederhana banget. Akan ada zombie yang datang dengan kata yang berada di bawahnya. 

Nah, tugas kita adalah mengetik kata itu dengan cepat dan tepat. Ada beberapa gelombang kedatangan zombie, semacam level gitu lah. Awalnya jalannya pelan, jadinya gampang lah. 

Mulai masuk gelombang 5 mulai nih menantang. Karena makin cepet kan jalannya zombie. Kalo typo tuh biasanya tinggal backspace kan, nah ini harus ngulang lagi. Jadilah makin tertantang. Rekor saya selama ini cuma sampai wave 8.

Permainan ini simpel sih, tapi cukup asik dan sekalian latihan kecepatan typing juga. Karena kata-kata yang disediakan berbahasa Inggris, ya sekalian spelling lah ya.. :D
  • 2 Minute to Escape

 

Game 2 Minute to Escape  ini retro banget. Gameplaynya simpel. Ceritanya kita berada di dalam ruangan yang bakal meledak dalam dua menit. 

Nah untuk membuka pintu, kita perlu pencet tombol. Seperti biasa level awal akan mudah tanpa ada hambatan lain. Nah, semakin naik level nanti ada beberapa tambahan rintangan. Mulai dari kesetrum listrik, sampai ditembakin gitu.

Terus letak tombol buat buka pintu juga beragam. Kadang perlu panjat-panjat gitu untuk ke tombolnya. Cobain deh.
 

 cobain games di plays.org 

Itu tadi dua situs bermain game online sederhana yang saya rekomendasikan. Ada banyak situs game lain tentunya. Tapi pribadi saya suka dua situs tersebut. Kalau kalian suka game yang mana?


udaniko's blog
Seorang Guru Fisika, Youtuber di Channel Udaniko. Sering membahas Astronomi dan Teknologi. Untuk kerjasama, silakan kirim ke email: ytube.niko@gmail.com.

Related Posts

Posting Komentar