Sampoerna University, Alternatif Kuliah Rasa Amerika di Indonesia

Posting Komentar

 ilustrasi: unsplash.com

Saat memilih kampus untuk berkuliah, tentu ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Mulai dari hal pokok seperti ketersediaan jurusan, kurikulum, biaya, prospek kerja, lokasi dan pengembangan diri. Sampai dengan hal-hal tersier seperti ada teman sesama daerah asal, kelengkapan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan kemacetan daerah kampus.

Banyak diantara calon mahasiswa yang berkeinginan untuk kuliah di kampus luar negeri, atau paling tidak merasakan atmosfer atau kualitas pendidikan luar negeri. Maka semakin banyak kampus di Indonesia yang bekerjasama dengan kampus luar negeri untuk membangun itu semua. Salah satu kampus yang bisa menjadi alternatif adalah Sampoerna University.

 

Kenalan Dengan Sampoerna University

Nama Sampoerna University mungkin belum menggema karena memang kampus ini belum terlalu lama berdiri. Walaupun begitu, semangat yang dibawakan adalah semangat pembaharuan. Kampus Sampoerna University terletak di L'Avenue Building, Jl. Raya Pasar Minggu No. Kav. 16, Pancoran, Jakarta Selatan. Pengajar berasal dari dalam dan luar negeri dengan jenjang pendidikan S2 dan S3.

Sampoerna University percaya pada pembelajaran berbasis teknologi, kreativitas dan inovasi, sehingga para Mahasiswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih cerdas, lebih baik, hingga menantang norma konvensional. Dengan seluruh program yang dimiliki Sampoerna University, diharapkan lulusan Sampoerna University dapat siap bekerja, siap hadapi dunia dan siap menjadi pemimpin.

 

Jurusan Apa Saja yang Tersedia

Ada tiga fakultas yang tersedia. Berikut data fakultas dan jurusan kuliah yang disediakan.

1.  Faculty of Engineering and Technology

Berikut jurusan yang disediakan di Faculty of Engineering and Technology:

      Mechanical Engineering

      Industrial Engineering

      Computer Science / Informatics

      Visual Communication

2..  Faculty of Business

Faculty of Business dirancang melalui kolaborasi antara pelaku bisnis dan industri sehingga para mahasiswa akan lebih memahami kondisi bisnis saat ini dan kebutuhan industri masa depan, dengan program:

      Accounting

    •  Management

3. Faculty of Education

Satu-satunya fakultas perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki sertifikasi dari Cambridge secara global dan dipercaya untuk memberikan pelatihan resmi untuk memperoleh sertifikasi Cambridge.

      English Language Teaching

      Mathematics Education

 Ternyata cukup banyak jurusan yang disediakan ya. dan itu dari berbagai bidang.

 

Kerjasama dengan Arizona Univeristy, Amerika Serikat

Nah, sesuai dengan yang saya sampaikan di awal tentang banyaknya orang yang ingin merasakan pendidikan luar negeri membuat Sampoerna University bergerak cepat untuk membangun kerjasama dengan universitas di Amerika Serikat.

Sampoerna University bekerjasama dengan The University of Arizona untuk membawa pendidikan standar Amerika Serikat ke Indonesia. The University of Arizona menempati peringkat #40 dalam Top Public Schools di Amerika Serikat menurut U.S. News and World Report 2021 Best Universities Ranking.

Sebagai satu-satunya universitas internasional di Indonesia yang menerapkan standar model pendidikan Amerika Serikat dalam kurikulum, fakultas, fasilitas dan operasionalnya, Sampoerna University menawarkan pengalaman belajar yang unik bagi para mahasiswa. Kesempatan untuk mendapatkan kredit dan gelar akademik dari Amerika Serikat juga bisa didapat oleh para mahasiswa sebagai manfaat dari kemitraan Sampoerna University dengan institusi-institusi pendidikan di Amerika Serikat.

Nah, bagi yang mau, mahasiswa bisa mengikuti Two-Degree Program, yang memungkinkan mahasiswa memperoleh dua gelar sarjana – satu dari Sampoerna University dan satu dari University of Arizona – untuk mahasiswa yang mengejar gelar di bidang Teknik dan Manajemen. Kuliah 2 tahun pertama di Indonesia dan 2 tahun terakhir di Amerika Serikat. Wah, cocok banget bagi kamu yang pengen dapet gelar ganda sekaligus.

Semoga dengan adanya kerjasama ini, dapat membawa atmosfer dan standar pendidikan dari Amerika yang bagus dan cocok untuk diterapkan di Indonesia. Sehingga ujungnya nanti akan tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Harapannya dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa ini. Aamiin. 😊

Kamu pilih jurusan apa ni?

Related Posts

Posting Komentar